Ketika perceraian menjadi fenomena dalam masyarakat kita.. Faktanya jumlah perceraian karena perempuan yang mengajukan gugatan cerai naik signifikan.
Tidak dapat dipungkiri dan tidak bisa dihindari bahwa masyarakat belajar dari apa yang dilihat, apa yang didengar, apa yang dibaca sehari-hari. Era keterbukaan akses informasi membuat masyarakat belajar dari contoh-contoh yang ada. Selama ini kebanyakan yang diangkat media baik media mainstream atau lainnya adalah kasus perceraian dibandingkan tips pernikahan langgeng. Yang negatif dianggap lebih menarik, bukan? Contoh-contoh yang dilihat masyarakat ini lah yang kemudian memberikan dorongan keberanian, “oh cerai gak apa kok dia juga cerai”, ya akhirnya perceraian menjadi tren.
Dari sudut pandang sosial, perceraian juga bisa dipandang sebagai wujud kesadaran kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Misalnya perempuan tidak bisa menerima apa yang dilakukan oleh laki-laki (contoh kdrt) maka perempuan mengajukan cerai.
Solusi untuk menekan perceraian bagaimana? Jika sudah menikah, ingat kuncinya adalah keseimbangan dan komitmen. Untuk media, bantu lah masyarakat untuk menunjukkan contoh-contoh yang positif bahwa banyak pasangan selebritis atau tokoh nasional yang langgeng sampai maut memisahkan. Untuk mereka yang belum menikah? Kesadaran bahwa menikah itu bukan hanya sekedar urusan ranjang tapi banyak hal lain

Thank you for having me, BBSTv