Terimakasih karena saya sudah dipercaya untuk memandu talk show ini. Adalah sukacita bagi saya ketika saya dipercaya menjadi moderator orang-orang hebat, yang mewakili generasi X dan generasi Z, sedangkan saya ada di generasi Y.

Kami membahas mengenai topik “Indonesia dan Toleransi” bersama dengan 300an mahasiswa UK Petra. Acara ini dikemas serius, santai, tapi bahasannya mendalam.

Dua di sebelah saya adalah Pak Kristanto (Jaringan Presidium Gusdurian Malang, Pendeta GKJW) dan Pak Zainul Hamdi (dosen perbandingan agama UINSA, wakil Ketua ISNU Jatim, peneliti Wahid institut, salah satu pendiri jaringan Gusdurian). Boleh dikatakan mereka adalah perwakilan dari Generasi X.
Dua di depan saya adalah YouTuber yang hits, mewakili generasi Z, , Skinny Indonesia yaitu dua kakak beradik Jovial dan Ando, hayo tau gak? Kl ga tau jangan-jangan kalian beda generasi dengan mereka.

Inti dari talkshow sekitar 90 menit ini yaitu keberagaman ini telah ada dan tugas kita semua memperjuangkan ruang-ruang perjumpaan yang beragam ini, baik secara fisik (tatap muka) maupun online (sosial media). Jangan takut bersuara lantang untuk melawan intoleransi. Ibaratnya, semakin banyak yang membunyikan kentongan, semakin nyaring bunyinya. Yang waras jangan diam, yang waras harus menyuarakan toleransi agar Indonesia tetap Bhineka Tunggal Ika 🇮🇩

Salam Generasi Waras,
Sally Azaria